iklanet

AGEN PENDAFTARAN KULIAH S1 DAN S2 MUDAH DAN MURAH SERTA JASA PEMBUATAN SKRIPSI TESIS DAN LAPORAN PKL SISWA HUB SIMBAH WURI http://raraswurimiswandaru.blogspot.com

Rabu, 07 Januari 2015

Proposal Pendirian dan Anggaran TBM

PENGANTAR
Dengan atas rahmat Alloh Ta’ala Tuhan Yang Maha Esa, atas segala limpahan karunia-Nya. Kami bermaksud untuk membuka “TAMAN BACA MASYARAKAT” untuk merangsang minat baca masyarakat dalam rangka mencerdaskan anak bangsa.
Berkenaan dengan program tersebut di atas, dengan ini kami mohon dengan hormat bantuannya dari semua pihak dalam upaya mencapai tujuan tersebut. Dengan besar harapan kiranya bapak/ibu/saudara untuk ikut sumbangsihnya dalam rangka mencapai langkah-langkah program taman baca dan tentunya ikut mengembangkan ilmu pengetahuan, patensi masyarakat, generasi penerus bangsa dan ikut serta dalam mencerdaskan bangsa.
Atas niat yang tulus  untuk membantu, sebelumnya kami ucapkan terima kasih.
 —————————————————————————————————–
– I –
PENDAHULUAN

A.       Latar Belakang
Penduduk buta aksara usia 15–59 tahun tahun 2011 berjumlah 7.546.344 orang. Dari jumlah tersebut sebagian besar tinggal di daerah perdesaan seperti: petani kecil, buruh, nelayan, dan kelompok masyarakat miskin perkotaan yaitu buruh berpenghasilan rendah atau penganggur. Mereka tertinggal
dalam hal pengetahuan, keterampilan serta sikap mental pembaharuan dan pembangunan. Akibatnya, akses terhadap informasi dan komunikasi yang penting untuk membuka cakrawala kehidupan dunia juga terbatas karena mereka tidak memiliki kemampuan keaksaraan yang memadai.
Berdasarkan hal tersebut, RUMAH CERDAS didirikan pada tanggal 24 Januari 2012 yang bertujuan untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan anak bangsa dalam melestarikan program pendidikan non formal salah satunya adala dengan program Taman Baca Masyarakat (TBM). Melalui pembudayaan minat baca, masyarakat akan meningkat pengetahuannya, meningkat kesehatannya, dan meningkat taraf ekonominya. Sehingga akan berdampak positif dalam mengurai pengangguran dan kemiskinan.
Teringat dalam Ihya ‘Ulumuddin, Imam Al-Ghazali dalam syairnya:
Aku menjadi bagai sumbu yang ditakdirkan
Menerangi manusia,sementara ia terbakar
Menurut Heuken, 1989. Dengan membaca pula seseorang akan terbentuk kepribadiannya menjadi lebih baik. Kepribadian merupakan pola menyeluruh semua kemampuan, perbuatan serta kebiasaan seseorang, baik jasmani, mental, rohani, emosional maupun sosial. Semua ini telah ditatanya dalam caranya yang khas, di bawah beraneka pengaruh dari luar. Pola ini terwujud dari tingkah lakunya dalan usaha manusia yang sebagaimana dikehendakinya.
Menurut Widarso,1994. “membaca untuk hidup”, artinya membaca agar kita bisa hidup lebih baik, lebih arif, lebih mengerti tabiat dunia.
Minat dan kebutuhan masyarakat untuk gemar membaca memerlukan perhatian serius baik dari pemerintah, pihak swasta, pemerhati pendidikan, pelaku pendidikan dan dari pihak yang peduli akan pendidikan. Salah satu wilayah yang sangat memerlukan perhatian dalam minat baca masyarakat adalah Cibadak, Kecamatan Cikupa. Adanya taman baca MEDIA CERDIK dengan penuh harap semoga dapat bermanfaat dan dimanfaatkan oleh masyarakat secara luas. Insyaalloh MEDIA CERDIK memberikan layanan baca yang relevan dengan kebutuhan masyarakat tingkat ekonomi menengah dan bawah, buruh pabrik, kuli bangunan, pedagang kaki lima. Mereka adalah komunitas peduli bacaan masyarakat yang memiliki sebuah harapan untuk lebih cerdas dan arif dalam menyikapi hidup dengan banyak membaca.
Adanya keterbatasan dana dan sarana dari pihak kami yang mendorong bagi kami untuk mengadakan mitra dengan lembaga atau unit kerja ibu/bapak/saudara pimpin. Dengan harapan agar program tersebut mampu dilaksanakan secara maksimal dan tepat sasaran serta member manfaat secara maksilam pula.
B.       Tujuan
B.1. Tujuan Umum:
  1. Membantu dalam rangka pemerataan pendidikan melalui layanan baca yang cerdas
  2. Ikut  mencerdaskan anak bangsa.
B.2. Tujuan Khusus:
  1. Mengadakan taman baca yang mempunyai koleksi buku lengkap dan sesuai dengan kebutuhan warga masyarakat.
  2. Mensosialisasikan taman baca kepada masyarakat, menggerakkan, mendorong masyarakat melalui lomba minat baca dan cinta baca.
  3. Mengadakan taman baca dengan system manajemen yang sederhana sehingga menumbuhkan partisipasi masyarakat dalam minat baca.
B.3. Hasil yang akan dicapai:
  1. Terlayani kebutuhan minat baca untuk semua lapisan masyarakat dari usia pra sekolah sampai usia sekolah dan masyarakat secara umum.
  2. Terlayani kebutuhan minat baca khususnya bagi masyarakat di Kecamatan Cikupa dan sekitarnya.
  3. Terlayani kebutuhan bahan bacaan bagi orang tua siswa murid PAUD/TK/SD/SMP/SMA/PT sederajat. Karena letak taman baca RUMAH CERDAS adalah lingkungan penyelenggaraan PAUD sampai Perguruan Tinggi.
  4. Terlayani kebutuhan bahan bacaan bagi Ibu PKK, Perkumpulan / Organisasi, dan lain sebagainya.
  5. Untuk meningkatkan minat baca masyarakat dengan cara sosialisasi pada acara-acara/ kegiatan di masyarakat dan member pelayanan baca.
  6. Adanya partisipasi masyarakat dalam pengembangkan taman baca berbasis lingkungan, sehingga keberadaan taman baca berkelanjutan.
C.       Wilayah
Berdasarkan  hasil  pencacahan  Sensus  Penduduk 2010,  jumlah  penduduk  Kabupaten Tangerang  sementara  adalah  2.838.621 orang, yang terdiri atas 1.454.914 laki‐laki dan 2.383.707 perempuan.  Dari hasil SP2010 tersebut  masih  tampak bahwa penyebaran penduduk Kabupaten Tangerang masih bertumpu di Kecamatan Pasarkemis yakni sebesar 8,34 persen, kemudian diikuti oleh Kecamatan Purwojati sebesar 7,94 persen, Kecamatan Kelapa Dua sebesar  6,43  persen dan  kecamatan lainnya di bawah 5 persen.
Mekar  Baru,  Jambe,  dan  Kemiri  adalah  3  kecamatan  dengan  urutan  terbawah  yang memiliki  jumlah  penduduk  paling  sedikit  yang  masing‐masing  berjumlah  35.012  orang,  40.094 orang, dan 40.384 orang. Sedangkan Kecamatan Pasarkemis dan kecamatan Purwojati merupakan Kecamatan yang paling  banyak penduduknya yakni masing‐masing sebanyak  236.752 orang dan 225.246 orang.
Dengan  luas  wilayah  Kabupaten  Tangerang  sekitar  959,61  kilo  meter  persegi  yang didiami  oleh  2.838.621  orang  maka  rata‐rata  tingkat  kepadatan  penduduk  Kabupaten Tangerang  adalah  sebanyak  2.958  orang  per  kilo meter  persegi.  Kecamatan  yang  paling tinggi  tingkat  kepadatan  penduduknya  adalah  Kecamatan  Pasarkemis   yakni  sebanyak 9.134  orang  per  kilo  meter  persegi  sedangkan  yang  paling  rendah  adalah  Kecamatan Kemiri yakni sebanyak  1 235  orang  per kilo  meter persegi.
Khususnya untuk Kecamatan Cikupa bahwa jumlah penduduk berdasarkan jenis kelamin adalah sebagai berikut:
  • Laki-laki          : 116.387 jiwa
  • Perempuan    : 108.859 jiwa
  • Jumlah             : 225.246 jiwa
  • Rasio Lk-Pr      :106,92
Kepadatan penduduk Kecamatan Cikupa adalah sebagai berikut:
  • Jumlah Penduduk         : 225.246 jiwa
  • Luas wilayan (KM2)      : 42,68 km2
  • Kepadatan penduduk   : 5.278 /km2
*Sumber BPS Sensus Penduduk 2010
Taman baca MEDIA CERDIK sangat trategis di jalan raya utama Serang dan dekat dengan lokasi industry. Serta akses transportasi yang sangat mudah, dari arah Ajibarang-Jatilawang, dari arah. Sedangkan posisi taman baca MEDIA CERDIK dikelilingi oleh komplek perumahan terutama Perumahan Karangduren yang sekarang sedang berkembang dan mempercantik diri dan menjadi pusat keramaian yanag tentunya akan menumbuhkan potensi ekonomi yang semakin berpacu.
 —————————————————————————————————–
 – II –
PROGRAM
Setiap suatu lembaga tentunya mempunyai suatu rancangan untuk mencapai tujuna. Rancangan program taman baca MEDIA CERDIK dibangun dengan langkah-langkah sebagai berikut:
I.         Tahap Persiapan
Identifikasi kebutuhan (need assessment). Untuk membuat suatu program layanan, sudah menjadi ketentuan mutlak bahwa identifikasi kebutuhan perlu dilakukan. Taman baca bisa memperoleh gambaran tentang kondisi masyarakat dan kebutuhan masyarakat sekitar. Hal ini tentu akan menentukan target-target kegiatan serta pengadaan buku-buku bacaan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Data tentang tingkat kebutuhan masyarakat diperoleh dari hasil pengamatan, wawancara langsung dengan masyarakat sekitar, serta informasi-informasi lain yang mendukung suatu kegiatan taman baca.
Pengadaan bahan bacaan. Bahan bacaan yang disediakan dalam taman bacaan ini sesuai dengan kondisi dan kebutuhan serta minat masyarakat. Misalkan bahan bacaan tentang buku-buku parenting, buku pendidikan, buku keterampilan, buku-buku cerita anak-anak usia sekolah. Dalam hal pengadaan buku bisa dengan pengumpulan buku-buku bekas layak baca yang telah difilterisasi serta bantuan donator.
Kepengurusan tanam baca. Kepengurusan taman baca minimal dikelola oleh 2 – 3 orang yang tugasnya meliputi:
  1. Pengadaan sarana prasarana
  2. Pengelolaan buku
  3. Pelayanan baca
  4. Kerjasama dengan pihak atau lembaga lain
  5. Pengelolaan taman baca secara mandiri dan professional
II.      Pelatihan pengurus
Untuk menjalankan perannya sebagai pengurus taman baca, serangkai pelatihan perlu dilakukan. Masyarakat yang menjadi sukarelawan dikumpulkan dan dilakukan pertemuan. Dengan tujuan utamanya adalah untuk menyeragamkan pola pikir dan pola tindak dalam mengelola taman baca. Serta bagaimana pentingnya budaya baca dibiasakan dan dilestarikan kembali dalam masyarakat.
 —————————————————————————————————–
– III –
KOMPONEN PENDUKUNG
Untuk dapat melaksanakan peran dan fungsinya, taman baca harus didukung komponen sumber daya fisik dan sumber daya manusia sebagai berikut:
a.      Sumber daya fisik
Dalam hal sumber daya ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu;
  1. Sumber daya fisik utama adalah bahan bacaan baik dalam bentuk buku, majalah, Koran, dan multimedia. Dan tentunya bahan bacaan yang disediakan memperhatikan karakteristik masyarakat, kebutuhan nyata masyarakat, dan daya nalar serta kemampuan baca masyarakat.
  2. Sumber daya pendukung adalah segala sesuatu yang diperlukan untuk mendukung pengelolaan taman baca, diantaranya rak buku/majalah, display buku, gantungan Koran, meja kerja, meja baca, kursi,papan tulis, karpet dan lain sebagainya.
 b.      Sumber daya manusia
Faktor utama dalam pengelolaan taman baca adalah orang sebagai lokomotif utama, sekurang-kurangnya terdapat 3 orang duduk dalam susunan kepengurusan organisasi yang melaksanakan pengelolaan taman baca. Sebagai ketua, mengurus administrasi dan pelayanan terhadap masyarakat.
 —————————————————————————————————–
– IV –
ALOKASI & RINCIAN PENGGUNAAN DANA
Menurut rencana anggaran biaya pendanaan MEDIA CERDIK akan menelan biaya sebesar Rp 38.000.000,-( TIGA PULUH DELAPAN JUTA RUPIAH ) . Dana program dipergunakan sebagai biaya penyelenggaraan RUMAH CERDAS yang bermutu, kreatif dan inovatif dengan alokasi dana dan rincian sebagai berikut:
1. Pengadaan bahan bacaan – tahap I:  Rp 9.500.000,-
  • Buku bacaan anak-anak usia 2 – 4 th
  • Buku bacaan anak-anak usia 5 – 6 th
  • Buku bacaan anak-anak usia 7 – 12 th
  • Buku pengetahuan umum
  • Buku teknik,IT dan Komputer
  • Buku bacaan Fiksi, sastra
  • Buku keagamaan
  • Buku ketrampilan dan kewirausahaan
  • Buku manajemen dan kepemimpinan
  • Buku psikologi dan parenting
  • Buku pelajaran sekolah dan referensi
  • Majalah anak-anak, remaja dan dewasa
2.  Perlengkapan taman baca : Rp 11.000.000,-
  • Rak buku, Meja baca ,Papan tulis, Kursi, Karpet
  • LCD Projector
  • ATK
  • Papan nama, Spanduk, Brosur
3.  Biaya kegiatan program gemar membaca : Rp  5.500.000,-
4.  Biaya operasional selama 2 tahun: Rp  12.000.000,-
                             TOTAL   : Rp    38.000.000,-
 —————————————————————————————————–
– V –
SUSUNAN PENGURUS
  • Ketua                           : Muhammad Aziz, SH
  • Sekretaris                     : Rinah Hasan
  • Bendahara                   : Nur El Haq
JEJARING LITERASI
  • Nomor NILEM DIKNAS       :   36.2.04.0018.4.0.0001
  • Nomor POKOK PERPUSTAKAAN  :  3603183C2000002
  • Jaringan 1001 Buku          : 424/TBA-1001buku
  • Jaringan Forum Indonesia Membaca (FIM)
  • Jaringan Farum Aktik Menulis (FAM) : IDFAM1086U
  • Jaringan Forum TBM se Indonesia (FORUM TBM)

Rekening Bank
  • NamaBank            : BRI
  • No. Rekening        : -
  • Atas Nama              : Raras Wuri M
JADWAL OPERASIONAL RC
A.  Rumah Baca
  •   Selasa & Sabtu   : 16.00 – 21.00 wib
  •   Ahad                     : 07.00 – 12.00 wib
B. Bimbingan Belajar / Rumah Belajar
  •     Selasa & Sabtu   : 16.00 – 18.00 wib
  •      Ahad                     : 07.00 – 12.00 wib
Jadwal buka MEDIA CERDIK dapat berubah, dengan pemberitahuan
 —————————————————————————————————–
 – VI –
RENCANA KEGIATAN
Rencana kegiatana ini merupakan pengejawantahan dari program yang telah digariskan dalam tujuan RUMAH CERDAS, diantara rencana kegiatan tersebut adalah:
Kegiatan Harian:
  • Cerdas Pilih & Baca ———— Gratis
  • Belajar Bisnis ———— Gratis
  • Ngaji Bareng  & BTQ ————– Gratis
  • Bimbingan Belajar
Kegiatan Mingguan:
  • Belajar Jadi Pemimpin ——- Gratis
  • Belajar Menulis & Jurnalistik ——- Gratis
  • Kata Baca Sastra ——— Gratis
  • Nobar (Nonton Bareng) ———– Gratis
  • Motivasi untuk pelajar ————- Gratis
Kegiatan pendukung:
  • Penerbit KataBaca (Komunitas KataBaca)
  • Diskusi buku
  • Ikut serta Lomba Menulis di FAM
  • Seminar/workshop tentang literasi, penulisan dan pendidikan
Kegiatan Tahunan atau persemester:
  • Mengadakan lomba tingkat SD tentang menggambar, menulis dan membaca
  • Menyelenggarakan Seminar tentang literasi
  • Mengikuti festival TBM yang diselenggarakan ForumTBM
  • Mengikuti Pameran / Bazar buku lokal maupun Nasional
 —————————————————————————————————–
– V –
PENUTUP
Dengan profile pendirian MEDIA CERDIK ini sangat membantu kami untuk mencapai visi dan misi pelayanan dan empati terhadap masyarakat dalam bidang pendidikan.
Kami berharap kiranya bapak/ibu/saudara berkenan dan peduli untuk membantu MEDIA CERDIK. Semoga profile  ini dapat menjadi satu petunjuk bagi tim untuk mengabulkan hal-hal yang telah kami utarakan di atas.
Demikian profile kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Purwojati, 2 Januari 2014

Pengelola

5 komentar: